Imigrasi Bandara Soetta Ungkap Pemalsuan Paspor

0
65

Tangerang – Sepuluh Warga Negara Asing (WNA) diamankan petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang. Kesepuluh WNA itu berasal dari Afganistan, Bangladesh, Nigeria, Ghana, Pantai Gading dan Uganda.

Petugas Imigrasi pun berhasil mengamankan 10 WNA Asal Afganistan, Nigeria, Ghana, Pantai Gading, dan Uganda serta sejumlah barang bukti paspor palsu.

“Mayoritas penahanan dikarenakan kasus pemalsuan dokumen imigrasi seperti paspor, visa, serta overstay. Dari sepuluh kasus penangkapan, lima di antaranya sedang menjalani proses penyidikan atau pro justitia,” kata Kepala Imigrasi Bandara Soetta Enang Syamsi, Kamis (24/5/2018).

Pihaknya merinci 5 negara teratas terkait penolakan kedatangan WNA yakni, Bangladesh, China, India, Pakistan dan Srilanka.

Dengan jumlah terbanyak pada negara Bangladesh dan China yakni, masing-masing dicegah 40 WNA.

Selain adanya penolakan WNA, pihak Imigrasi juga melakukan pencegahan pada 63 Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Para WNI tersebut dicegah setelah tak memiliki kelengkapan surat dalam proses bekerja sebagai TKI diluar negeri.

“Mereka ini kami cegah juga karena kami khawatirkan akan menjadi korban TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang). Maka dari itu, kami cegah dan kami minta untuk melengkapi surat-suratnya terlebih dahulu,” terang Enang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here