Jelang Pilpres, Amir: Demokrat Siapkan Poros Ketiga

0
33

Beritanusantara – Partai Demokrat kerap kali menggaungkan perlunya poros ketiga, Demokrat rupanya sudah menyiapkan calon alternatif dari antagonisme Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam pilpres mendatang.

Partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini sudah menyiapkan Agus Harimurti Yudhoyono yang pernah digadang di Pilkada DKI 2017 untuk maju dalam Pilpres 2019.

Persiapan ini diakui Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Agus Hermanto. Ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Agus mengatakan seluruh kader partainya telah sepakat hendak mengusung putra Susilo Bambang Yudhoyono itu.

“Kader-kader yang muda juga sudah setuju Mas AHY jadi next leader,” kata Agus, Kamis, (9/5/2018).

Meski sudah punya calon yang akan digadang, gerak Partai Demokrat untuk membuka poros ini toh masih jalan di tempat. Ini diakui Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsudin yang menyebut belum ada informasi baru ihwal wacana itu hingga sekarang.

Kondisi ini rupanya tak membuat Partai Demokrat berhenti berharap. Mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia era Kabinet Indonesia Bersatu II itu mengatakan Partai Demokrat masih membuka pintu untuk berkoalisi dengan partai mana pun di pemilu mendatang dan akan lebih mengutamakan terbentuknya poros ketiga.

“Poros ketiga untuk menumbuhkembangkan hak demokrasi rakyat. Kalau dibatasi pilihannya itu kan sama dengan membelenggu demokrasi. Membatasi calon itu kan sama dengan membelenggu demokrasi,” ujar Amir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here