Khasiat Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh, Begini Penjelasannya

0
72

Tangsel, — Begitu menjelang bulan puasa, para pedagang buah pasti menggelar dagangan yang tidak asing lagi, yaitu buah timun suri, buah yang sangat enak dan lezat kita santap melengkapi hidangan berbuka puasa.

Namun, tahukah Anda manfaat dari timun suri yang saban Ramadan menjadi teman setia berbuka puasa dalam campuran sempurna minuman segar bercampur sirup, susu, potongan buah dan dinginnya bongkahan es batu?

Dirangkum dari berbagai sumber, timun suri yang masuk dalam kelompok labu-labuan (cucurbitaceae) memiliki beberapa manfaat diantaranya:

1. Sumber antioksidan. Antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit mematikan. Dan timun suri sarat dengan beragam jenis antioksidan seperti vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, dan silika.

2. Membantu sistem pencernaan. Karena kaya air dan serat, maka tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Anda yang sering susah BAB, menderita maag, gastritis, atau tukak lambung harus sering-sering mengonsumsi buah yang juga disebut dengan nama lain “barteh” ini.

3. Melancarkan proses detoksifikasi. Manfaat timun suri berikutnya ini sungguh terpuji karena mampu melancarkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Salah satu ‘racun’ yang dapat dibasmi oleh buah ini adalah cacing pita.

4. Anti-kanker. Siapa sangka buah yang bernama lain timun betik tersebut juga berjasa untuk menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Semua ini berkat kandungan saponin yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

5. Menyehatkan mata. Anda yang mengalami gangguan penglihatan seperti mata kabur atau iritasi, cobalah konsumsi timun suri yang sarat dengan vitamin A. Muatan asam askorbat serta asam caffeic dalam timun suri juga mampu mengurangi tingkat retensi air sehingga bengkak di sekitar mata dapat berkurang.

6. Baik untuk kesehatan ginjal. Banyaknya kandungan air dalam buah ini membuat proses buang air kecil lancar. Oleh sebab itu, buah ini merupakan salah satu obat diuretik alami yang dapat diandalkan.

7. Mempertajam daya ingat. Kalau Anda sedang hamil, maka manfaat timun suri satu ini juga berlaku untuk buah hati yang sedang tumbuh dalam kandungan. Ya, timun suri dapat membuat otak janin menjadi cerdas.

8. Baik bagi penderita diabetes. Buah timun suri memang memiliki kadar karbohidrat, namun jenis karbohidratnya kompleks. Dalam arti kata tidak cepat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, buah satu ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang diabetes.

9. Mendukung program diet. Timun suri dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat karena kaya kandungan serat dan air, 2 unsur utama yang diperlukan untuk ‘menggelontor’ lemak dari dalam tubuh.

10. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kandungan potasium, serat, saponin, dan magnesium dalam timun suri bekerja bersama-sama menjaga kestabilan tekanan darah sehingga baik hipertensi maupun kolesterol jahat jadi berkurang karenanya.

11. Baik untuk kesehatan jantung. Kalau kolesterol dan tekanan darah tinggi turun, maka dapat dipastikan jantung Anda aman-aman saja. Belum lagi, timun suri juga memuat asam linoleat yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah.

12. Membantu regenerasi sel tubuh. Anda yang habis sakit, jangan segan mengonsumsi buah ini karena nutrisinya dapat membantu regenerasi sel tubuh yang rusak.

13. Baik untuk sistem imun tubuh. Salah satu tanda sistem kekebalan tubuh seseorang sedang menurun biasanya adalah, ia jadi mudah terserang flu. Namun kandungan vitamin C dari timun suri mampu mengelakkan kondisi lemah tersebut. Di samping itu, biji timun suri terkenal sebagai agen antiradang sehingga dapat mengurangi radang selaput lendir maupun tenggorokan.

14. Sumber energi dadakan. Ketika Anda tak sempat sarapan pagi dengan nasi atau roti, maka Anda bisa mengandalkan khasiat timun suri sebagai sumber energi dadakan. Kandungan glukosa maupun fluktosa dari buah ini memiliki sifat mudah larut sehingga cepat berubah menjadi energi usai dikonsumsi.

15. Menyehatkan gigi dan mulut. Saat mengunyah potongan buah timun suri mentah, produksi air liur akan meningkat sehingga pH rongga mulut jadi netral. Oleh sebab itu, manfaat timun suri bagus untuk Anda yang sedang sakit gigi atau menderita radang gusi.

16. Memperkuat sendi. Kali ini kandungan silika dari timun suri yang unjuk gigi menunjukkan khasiatnya. Silika sangat dibutuhkan tubuh agar sendi tetap sehat serta kuat. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, magnesium, folat, maupun kalsium dari buah ini sangat baik untuk mengatasi gangguan rematik atau encok.

17. Pelepas Dahaga. Seperti tercantum pada tabel di atas, timun suri sangat kaya akan kandungan airnya. Oleh sebab itu, khasiat timun suri sebagai pelepas dahaga tak diragukan lagi, maka tak heran bagi orang yang berbuka puasa mengawali berbuka dengan buah ini.

18. Mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit. Di dalam timun suri terdapat berbagai antioksidan seperti yang tadi disebutkan pada poin pertama. Oleh sebab itu, timun suri dapat menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan dini. Kita tahu bahwa radikal bebas tidak hanya merusak sel-sel dalam tubuh, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

19. Menambah volume rambut. Anda yang berharap rambut bisa lebih tebal dari sekarang, rajinlah makan timun suri dan biarkan kandungan silikanya merangsang pertumbuhan rambut. Tentu saja Anda juga harus menerapkan pola perawatan rambut yang tepat dan menghindari penyebab-penyebab kerontokan rambut.

20. Menyehatkan kuku. Lagi-lagi silika yang berperan aktif untuk manfaat timun suri satu ini. Nutrisi ini dapat mencegah kuku pecah-pecah atau rusak.(fit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here